Minggu, 15 November 2009

alun-alun tempat silatuurahmi

Ribuan orang memadati alun-alun Kabupaten Jombang untuk menghadiri acara halalbihalal dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur beserta jajaran Muspida Pemerintah Provinsi Jatim dan juga Muspida Pemkab Jombang.

Bupati Jombang, Sunyoto, Minggu, mengatakan, selain menjalin keakraban dan persaudaraan, kegiatan halabihalal ini juga untuk menyamakan langkah dan persepsi menanggulangi ancaman teroris.

"Dengan halalbihalal itu, akan memperkokoh pertalian antara pemerintah dan masyarakat serta melaksanakan pembangunan Jatim," katanya.

Ia mengemukakan, dengan adanya persamaan persepsi tersebut, diharapkan bisa mendukung pembangunan dan menangkal berbagai masalah yang paling aktual sekalipun, semacam teroris, bahaya penyalahgunaan obat terlarang serta berbagai penyakit masyarakat yang lain.

Menurutnya, kegiatan halalbihalal ini merupakan agenda silaturahim terbesar dari yang pernah ada di Kabupaten Jombang.
Karena, di samping masyarakat umum, acara tersebut juga mengundang berbagai elemen masyarakat, termasuk dari tetangga Kabupaten Jombang, seperti Kabupaten dan Kota Mojokerto, Nganjuk, Lamongan dan Kediri.

"Semuanya, mulai dari pengurus RT/RW, kepala dusun, kepala desa, Camat, PNS, takmir masjid, pengasuh pondok pesantren sampai prajurit TNI dan Polri," katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Jombang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Tomsi Tohir, meminta kepada para pengunjung supaya menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran selama acara berlangsung.

"Mari sama-sama dijaga ketertiban dan keamanan. Dan jangan lupa membawa surat-surat kendaraan, karena kami akan periksa kelengkapan surat kendaraan pengunjung di pintu masuk dan keluar," katanya.

Usai berkumandangnya adzan Isya, ribuan orang mulai menyerbu alun-alun Jombang. Kedatangan mereka dengan mengenakan pakaian serba putih.

Begitu memasuki area alun-alun, ribuan orang tersebut langsung membentuh shaf untuk melakukan salat isya secara berjamaah. Praktis, area yang berada di depan pendapa kabupaten itu berubah menjadi lautan manusia.

Usai pelaksanaan salat isya dilanjutkan dzikir bersama diteruskan dengan penampilan artis ibu kota seperti Letto, Ridho Rhoma, Hadad Alwi, serta penceramah dari ibu kota ustad Arifin Ilham.

Sebelumnya, Pemprov Jatim juga menggelar acara serupa di Kota Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jatim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar